Contoh Laporan PPL Individu Lengkap

LAPORAN PPL
Contoh Laporan PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan ini merupakan hasil kegiatan yang telah dilakukan oleh penulis setelah mengikuti PPL di MA Uswatun Hasanah Mangkang Watan Semarang. Pada laporan PPL ini ditujukan untuk induvidu atau laporan perorangan. Selain laporan individu saya juga sediakan contoh laporan PPL Kelompok yang kebetulan penulis bersama teman satu tim melaksanakannya di tempat yang sama.
Sebelum ke contoh, saya ingin bahas dulu sedikit mengenai praktek pengalaman lapangan atau PPL.

Pengertian PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan intrakurikuler yang dilaksanakan oleh setiap mahasiswa melalui kegiatan belajar mengajar diluar dari intra kampus, untuk memenuhi standar kualifikasi di dalam kelas secara terpadu dan dibimbing oleh masing-masing koordinator sebagai bentuk persyaratan dalam kegiatan kuliah.

 

Tujuan dan Manfaat PPL

- Tujuan PPL

Tujuan dari PPL Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang adalah sebagai berikut:
Membimbing pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diperlukan dalam pembentukan profesi Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Bahasa Inggris, Guru Fisika, Guru kimia dan lain-lain. 
Melatih dan meningkatkan kompetensi mahasiswa agar dapat terampil melaksanakan tugas-tugas kependidikan baik yang bersifat edukatif, administratif maupun layanan bimbingan keagamaan dan kesiswaan.
Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat memahami keberadaan lembaga pendidikan dengan segala permasalahannya baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun pengelolaan sekolah secara umum. 
Menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama kelembagaan antara Fakultas Tarbiyah dengan sekolah latihan.

  - Manfaat PPL

a.       Bagi Mahasiswa / guru praktikan 
Memperdalam pemahaman mahasiswa tentang proses pendidikan di sekolah dengan segala permasalahannya. 
Memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa tentang proses pembelajaran dan kegiatan administrasi sekolah. 
Dapat memperoleh bekal untuk menjadi guru yang berkualitas, setia pada profesinya, menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip  ilmu pendidikan dan keguruan yang selaras dengan arah pembangunan.
b.      Bagi Sekolah Latihan
Memperoleh kesempatan untuk berperan sera menyiapkan dan membentuk calon guru / calon tenaga kependidikan Islam yang kompeten. 
Memperoleh bantuan tenaga, ilmu dan pemikiran untuk pengembangan sekolah / madrasah.
c.       Bagi Fakultas Tarbiyah  
Memperoleh umpan balik (feed back) dari pengalaman mahasiswa praktikan terhadap perkembangan kependidikan di lapangan bagi penyesuaian dan pengembangan program akademik Fakultas Tarbiyah. 
Meningkatkan kerjasama dengan sekolah/ madrasah latihan untuk pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi.
Itulah sekilas mengenai praktek pengalaman lapangan. Nah untuk contoh laporannya anda bisa download di sini  untuk laporan ppl individunya dan yang ini untuk laporan PPL kelompoknya download juga ini 

 
thumbnail Title : Contoh Laporan PPL Individu Lengkap
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-11-17T23:20:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
0 Komentar untuk "Contoh Laporan PPL Individu Lengkap"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top