DESA MOJOAGUNG

Desa Mojoagung
Desa Mojoagung

Mengenal Desa Mojoagung

Desa Mojoagung terdiri dari Dusun Majasem, Kemloko dan Kaliyoso yang memiliki potensi unik, dibandingkan dengan desa di sekitarnya. Misalnya dari segi pendidikan, terdapat lembaga pendidikan dari tingkat dini sampai tingkat menengah, untuk tingkat dini ada PAUD di Dusun Majasem dan PAUD di Dusun Kemloko. Dan untuk Tingkat Kanak-kanak ada TK WIRA PERTIWI di Dusun Majasem, dan Untuk tingkat sekolah dasar diantaranya : SDN 01 MOJOAGUNG di Dusun Majasem, SDN 02 MOJOAGUNG di Dusun Kaliyoso, MI MOJOAGUNG di Dusun Kemloko, sedangkan untuk tingkat menengah pertama, ada sekolah berbasis pendidikan Islam, yaitu Madrasah Tsanawiyah atau MTs. FALAHUL HUDA MOJOAGUNG di Dusun Majasem yang berdiri sejak tahun 2011 lalu.

Kearifan Lokal Desa Mojoagung

Kearifan lokal yang ada di Desa Mojoagung diantaranya yang berada di Dusun Majasem yaitu : Seni Kuda Lumping "Karya Singo Mojo" dan "Argo Budoyo", Seni rebana Simtud Durror Jama'ah Sholawat "SIROJUL AQWAM", group rebana ASSYAFA'AH. Sedangkan di Dusun Kemloko terkenal dengan "Seni Kuntulan" dan di Dusun Kaliyoso terkenal dengan Olahraga Bola Volinya (Xompak).

Jenis Pekerjaan Penduduk Desa Mojoagung

Berdasarkan letak geografisnya, maka sebagian besar penduduk Desa Mojoagung bermata pencaharian atau berprofesi sebagai Petani, Buruh Tani, dan Pekerja lepas, Tukang Kayu, Tukang bangunan, Guru, Perangkat Desa, Pengusaha UKM dan sebagian kecil merantau ke Ibu kota Jakarta dan ke Luar Negeri diantaranya : Arab Saudi, Brunei Darussalam, Dubai, Hongkong, Korea,Malaysia,Singapura, Taiwan,Yaman.
Desa Mojoagung

Desa Mojoagung sendiri merupakan desa yang terletak di Plantungan bagian utara atau Plantura, yang berbatasan dengan sungai Lampir di sebelah utara, sungai Terong di sebelah timur, Desa Wadas di sebelah selatan dan Desa Bendosari di sebalah Barat.

Lokasi Menarik Desa Mojoagung

Desa Mojoagung-pun tak mau kalah dengan desa-desa wisata di Kabupaten Kendal, ada tempat-tempat menarik yang bisa anda kunjungi di desa Mojoagung ini.
  •  Kolam Pemancingan

Tempat pemancingan yang satu ini tidak pernah sepi dipadati oleh pecinta mata pancing setiap harinya. Berada 500 m dari perkampungan dusun majasem ada sebuah kolam pemancingan yang terletak di pinggir sungai Terong dengan panorama resto padi milik Mbah Rasjo yang kini bisnisnya dikelola oleh anaknya yang bernama Sufaat atau lebih akrab dipanggil mas pa'at. Jika Anda salah satu pecinta mata pancing, tentunya tidak rugi untuk menyempatkan berlibur di tempat ini, selain memancing di sana juga disediakan semacam resto kecil /small Kitchen yang digunakan untuk memasak hasil tangkapan pancing Anda, Jadi setelah berjam-jam mancing, perut terasa lapar, nah bisa langsung dimasak di sana sekaligus.

  • Mata Air Ringin Kembar

Tepatnya di sebelah timur 200 m dari Dusun Kemloko terdapat dua buah Pohon beringin besar dan rindang terdapat 2 buah mata air yang orang Mojoagung menyebutnya "Tuk Ringin Kembar" atau Mata air Ringin Kembar. Kedua mata air tersebut ditampung menggunakan bak air yang besar dan di gunakan sebagai sumber kebutuhan  air penduduk desa Mojoagung. Selain untuk memenuhi kebutuhan air penduduk sekitar, mata air ini juga difungsikan untuk irigasi persawahan di sekitarnya.

  • Air Terjun Pelangi

Biasa dipanggil curug pelangi karena setiap percikan air yang terkena sinar matahari akan memancarkan cahaya yang berwarna-warni seperti pelangi. Air terjun ini berasal dari sungai wadas yang mengalir sampai Desa Mojoagung. Karena melewati tebing-tebing yang curam maka terbentuklah curug pelangi ini.
  
thumbnail Title : DESA MOJOAGUNG
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-05-28T01:19:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : My Village
0 Komentar untuk "DESA MOJOAGUNG"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top