CARA MEMBUAT EMAIL

CARA MEMBUAT EMAIL


Sebelum belajar cara membuat email ada baiknya kita belajar tentang email itu sendiri, baik dari sejarah email, pengertian dan fungsi email, kelebihan dan kekurangan, Perbedaan dari setiap penyedia layanan email dan cara membuatnya.

Sejarah email

Sejarah email menurut yang saya baca dari beberapa referensi di internet di mulai pada tahun 1971 oleh Ray Tomlinson yang awalnya digunakan untuk mengirim pesan pada jaringan komputer lokal yang kemudian berkembang sampai sekarang dan bisa digunakan untuk mengirim pesan dan bertukar file ke computer lain di seluruh dunia dengan syarat terhubung oleh koneksi internet. Email ini bisa dikenali dengan adanya penggunaan ikon @ yang dibaca “at” kata dalam bahasa inggris yang bermakna “pada”  jika ingin lebih detainya bisa membaca di alamat ini http://www.jaringankomputer.org/sejarah-email-perkmbangan-email/

Pengertian email dan fungsinya

Email sering diucapkan hampir setiap orang yang mengenal internet. Pengertian Email atau E-mail sebenarnya gabungan dua kata yaitu Electronic Mail  (dalam bahasa inggris) yang kemudian disingkat menjadi E-mail atau Email. Kalau dalam bahasa Indonesia electronic mail itu ialah surat elektronik atau disingkat Surel, hanya saja kebanyakan orang menggunakan istilah email karena memang enak didengar dan mudah untuk diucapkan.
 
Fungsi Email dapat diketahui dari artinya yaitu surat. Jadi email itu berfungsi untuk mengirim dan menerima surat dalam bentuk electronik,  dan dalam surat tersebut kita bisa melampirkan file-file, baik itu yang berupa dokumen, pdf, file gambar dan file video.Untuk dapat mengirim file tersebut kita harus terhubung dengan internet. Lalu di mana tempat kita mengakses email tersebut? Ada banyak perangkat yang digunakan untuk mengakses email antara lain ialah PC Komputer, Laptop, Notebook, HP/Smartphone danTablet.
Akses email di komputer dan HP tampilannya akan berbeda jadi jangan kaget, hal itu dikarenakan Operating System (OS) yang digunakan berbeda. Ada yang memakai Os Windows, Linux, Mac untuk PC Laptop da nada yang memakai Os Android, Symbian, windows phone untuk perangkat smartphone.
Banyak sekali penyedia layanan email gratis di internet. Namun saya akan ambil dua contoh saja yang paling banyak penggunanya ialah email gmail dari Google dan email yahoo dari Yahoo!. Lalu apakah kedua email ini sama? Tentu saja sama fungsinya namun beda tampilan dan fasilitas yang diberikan. Saya tidak akan menjelaskan perbedaan tersebut pada postingan kali ini. Namun jika teman-teman pingin tahu! Untuk lebih detailnya, silahkan baca perbedan email gmail dan email yahoo.  

Kelebihan dan kekurangan  antara Gmail dengan Yahoo Mail

Yahoo vs Gmail


Kelebihan dan kekurangan diantara kedua provider email gratis ini memang ada, namun semaa itu bersifat subyektif karena setiap orang mempunyai kecocokan yang berbeda-beda, ada yang  suka dengan yahoo karena kemudahan dalam penggunaannya dan ada yang suka email gmail dari google dengan alasan gmail bersifat (All in One) bisa untuk digunakan hampir disemua akun aplikasi  google seperti play store, google docs, google search, youtube, google drive, blogger, google plus dan aplikasi dari google lainnya.
Setelah melakukan beberapa kali browsing saya menenmukan beberapa kelemahan dan kelenihan diantara gmail dan ymail. Berikut ini data yang saya dapatkan :

Kelebihan dan Kekurangan Yahoo!



Kelebihan : Yahoo, merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan fasilitas email gratis, banyak fasilitas yang disediakan olehnya, berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs local, Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger (chating) ria ketika sedang membuka email.
Kekurangan : Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn, sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID, Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak Yahoo! Mail

Kelebihan dan Kekurangan Gmail




Menurut saya pribadi, Gmail memberikan banyak kemudahan dan fasilitas yang bagus. Setelah memakai akun Gmail lebih dari setahun, kini saya jadi jarang menggunakan akun email yahoo saya. Hal itu disebabkan karena saya seorang blogger dan hobi blogging, jadi itu sudah cukup menyita waktu saya dan hampir melupakan email yahoo saya. Dari lebih setahun itu saya membuat kesimpulan untuk kelebihan dan kekurangannya.
Kelebihan : Gmail adalah email All in One yang artinya bisa digunakan untuk banyak aplikasi dari goole, Ketika kita membuka email, di dashboard email tersebut terdapat fasilitas hang out yang bisa kita gunakan untuk ngobrol dengan teman kita yang sedang online.Selain itu form penulisan terpisah di jendala baru sehingga kita bisa membaca email yang tersimpan sambil mengirim pesan kepada orang lain. Saya juga percaya untuk segi keamanan, Gmail lebih bagus dalam memfilter pesan spam dan masih banyak lagi.
Kelemahan : Gmail juga mempunyai kelemahan tentunya, pengalaman saya menggunakan akun gmail paling kesal ketika memuat atau membuka email, butuh waktu yang terkadang membuat saya kesal ketika koneksi internet cukup lambat, karena loading emailnya cukup berat.

Cara membuatnya

Jika teman-teman belum punya dan ingin mencoba kedua penyedia layanan email gratis namun masih bingung cara membuatnya.Pada postingan lalu Saya sudah menulis panduan cara membuat email gmail terbaru (https://mail.google.com/mail/) dan cara membuat email yahoo mail terbaru. Silahkan klik link tersebut untuk membuatnya.

Terimakasih sudah membaca artikel saya yang berjudul cara membuat email. Silahkan baca juga artikel lainnya. :)

thumbnail Title : CARA MEMBUAT EMAIL
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-07-16T15:13:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : Email
0 Komentar untuk "CARA MEMBUAT EMAIL"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top