RUMUSAN MASALAH SKRIPSI

RUMUSAN MASALAH SKRIPSI

Judul subbab ini adalah rumusan masalah, bukan perumusan masalah karena pada bagian ini tidak dimaksudkan untuk menjelaskan proses  atau merumuskan masalah. Rumusan masalah dimaksudkan sebagai pertanyaan yang harus dicari jawabannya melalui proses penelitian. Rumusan ini didasarkan pada latar belakang munculnya masalah penelitian, hasil studi pendahuluan, pengalaman, referensi, dan saran pembimbing atau orang lain yang ahli dalam bidangnya.

Pada bagian ini harus disebutkan sejumlah pertanyaan yang menjadi rumusan masalah. Rumusan masalah ini hanya menanyakan permasalahan utama yang akan dibahas atau diteliti sehingga tidak perlu membuat pertanyaan yang tidak akan diteliti atau tidak bisa menghasilkan jawaban yang bisa dipertanggungjawabkan supaya tidak terjadi pelebaran. Rumusan masalah ini harus dinyatakan dengan kalimat pertanyaan yang ditandai dengan tanda tanya (?). Pertanyaan-pertanyaan itulah yang akan dijawab pada bab terakhir (kesimpulan).

Ada perbedaan karakteristik rumusan masalah sesuai jenis penelitiannya. 
  • Dalam penelitian kepustakaan dan kualitatif lapangan, rumusan masalah ini memungkinkan berubah pada saat pengkajian sumber data penelitian. 
  • Dalam penelitian lapangan (kualitatif, kuantitatif, tindakan kelas atau R&D, rumusan masalah ini bersifat baku (tidak berubah-ubah) yang harus dijadikan dasar pada saat penelitian.
thumbnail Title : RUMUSAN MASALAH SKRIPSI
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-08-31T00:21:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
0 Komentar untuk "RUMUSAN MASALAH SKRIPSI"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top