METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUALITATIF LAPANGAN

Dalam penelitian kualitatif lapangan, komponen metode yang harus diuraikan ini adalah :


 Penelitian Kualitatif
  1. Jenis dan Pendekatan Penelitian. Pada bagian ini harus dijelaskan jenis penelitian dan alasan penggunaannya yang didasarkan pada pertanyaan penelitian. Jenis penelitian lapangan meliputi: kasus, situs, eksperimen/laboratoris dan tindakan. (Khusus Penelitian Tindakan Kelas akan dijelaskan sendiri). Pada bagian ini perlu dijelaskan pula pendekatan penelitian yang digunakan sebagai cara pandang untuk mendukung penelitian. Di antara jenis pendekatan penelitian ini adalah: filosofis, historis, psikologis, sosiologis, antropologis, atau lainnya. Dalam sebuah penelitian memungkinkan penggabungan dua jenis pendekatan atau lebih.
  2. Tempat dan Waktu Penelitian. Tempat penelitian yang menjadi obyek penelitian harus disebutkan secara jelas. Lembaga pendidikan yang menjadi tempat penelitian ini harus dijelaskan profilnya secara singkat disertai uraian tentang :(1) profil singkat tempat penelitian; (2) alasan akademik tempat/lokasi penelitian. Waktu penelitian juga disebutkan janga waktunya sampai dengan berapa lama (dalam hitungan bulan, atau tahun), dan dilengkapi dengan jadwal keiatan-kegiatan penelitian di lapangan(dalam lampiran).
  3. Sumber Data. Sumber data penelitian lapangan adalah orang atau lembaga yang diteliti. Kalau obyek berkaitan dengan lembaga pendidikan, maka sumber datanya berasal dari pengelola lembaga pendidikan dimaksud. Sumber data itu berbeda-beda sesuai jenis penelitiannya.
  4. Fokus Penelitian. Fokus penelitian merupakan obyek khusus dalam penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Pada bagian ini harus dijelaskan data yang dibutuhkan itu diperoleh dari data yang tepat agar data yang diperoleh memiliki tingkat kebenaran yang tinggi.
  5. Teknik Pengumpulan Data. Pada bagian setidaknya harus dijelaskan :(a) jenis teknik pengumpulan data, (b) Data yang akan dicari/diperoleh, (c) Fungsi atau manfaat data penelitian yang akan dicari itu untuk keperluan analisis. Penjelasan ketiga komponen teknik pengumpulan data ini sebaiknya secara naratif (tidak menggunakan poin-poin angka atau huruf sehingga tidak nampak seperti bagan).
  6. Uji Keabsahan Data. Bagian ini harus menjelaskan teknik pengecekan keabsahan data yang sesuai. Di antara jenis tekniknya adalah : (1) perpanjangan observasi; (2) triangulasi (sumber data, teknik pengumpulan data dan waktu penelitian); (3) pengecekan anggota atau diskusi teman sejawat;(4) pengecekan kecukupan referensi, (5) analisis kasus negatif dan konfirmasi dengan ahli lain; (6) member chek (pengecekan anggota). Penggunaan uji keabsahan data ini sesuai denga kebutuha peneliti.Kalau dipandag cukup dengan dua atau tiga uji keabsahan, maka sudah cukup.
  7. Teknik Analisis Data. Penjelasan pada bagian ini adalah jenis analisis data dan alasan penggunannya. Data penelitian kualitatif tidak berupa angka tetapi berupa fakta yang dinyatakan dengan kalimat sebagai sebuah nilai atau kualitas. Karena itu, pembahasan dan analisisnya mengutamakan penafsiran-penafsiran obyektif, yaitu berupa telaah mendalam atas suatu masalah yang dipandu oleh konsep-konsep dan teori yang obyektif. Meskipun demikian, bila ada data angka (kuantitatif) atau analisis statistik tetap berfungsi dan berguna sebagai pelengkap data serta analisis kualitatif tersebut. Analisis data kualitatif tergantung jenis penelitiannya. analisis deskriptif biasanya digunakan dalam penelitia kualitatif (namun juga banyak dipakai dalam penelitian kuantitatif). Analisis deskriptif dapat berupa deskripsi dalam bentuk-bentuk tabel, deskripsi tentang fenomena sosial, dan sebagainya. Secara lebih khusus dan detail penjelasan tentang jenis dan cara penggunannya, mahasiswa harus merujuk pada buku metodologi penelitian terkait sesuai jenis penelitiannya.
thumbnail Title : METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUALITATIF LAPANGAN
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-09-15T06:07:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
0 Komentar untuk "METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUALITATIF LAPANGAN"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top