ISI METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KEPUSTAKAAN

Metode penelitian pada jenis penelitian kepustakaan memiliki spesifikasi atau karakteristik sebagai berikut:

Penelitan Kepustakaan

Jenis dan Pendekatan Penelitian

Pada bagian ini harus dijelaskan jenis penelitian dan alasan penggunaannya. Jenis penelitian kepustakaan/literatur bisa berupa kajian : Kitab Suci Al-Qur'an, atau Al-Hadits, Buku ilmiah, Buku Ajar, Peraturan Perundang-undangan, dan Pemikiran Tokoh tentang Pendidikan atau lainnya. Alasan menggunakan penelitian kepustakaan sesuai jenis penelitian kualitatif biasanya adalah karena permasalahan belum jelas, holistik, komplek, dinamis dan penuh makna dari sumber tertulis. Alasan lain yang lebih pasti adalah karena penelitian kepustakaan ditujukan untuk memahami masalah secara mendalam guna menemukan pola, hipotesis, atau teori. Pada bagian ini perlu dijelaskan pendekatan penelitian yang digunakan sebagai cara pandang untuk mendukung penelitian. Di antara jenis pendekatan penelitian ini adalah : filosofis, historis, psikologis, sosiologis, antropologis atau lainnya. Dalam sebuah penelitian memungkinkan penggabungan dua jenis pendekatan atau lebih. 

Sumber Data

Sumber data kepustakaan adalah semua buku yang relevan dengan tema atau permasalahan. Sumber data penelitian terbagi menjadi dua, yaitu :
  • Sumber Primer : semua bahan tertulis yang berasalah langsung/asli dari sumber pertama yang membahas masalah yang dikaji.
  • Sumber Skunder : semua bahan tertulis yang berasal tidak langsung /asli dari sumber pertama yang membahas masalah yang dikaji.  
Sebutkan masing-masing sumber data tersebut yang berupa buku-buku yang akan dikaji dalam penelitian kepustakaan ini. 

Fokus Penelitian

Fokus penelitian merupakan obyek khusus dalam penelitian sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Pada bagian ini harus dijelaskan jenis data yang dibutuhkan dan harus diperoleh dari sumber data yang tepat. Tujuannya agar data yang diperoleh memiliki tingkat kebenaran yang tinggi.

Teknik Pengumpulan Data

Pada bagian ini setidaknya harus dijelaskan : 
  • Jenis teknik pengumpulan data, yaitu studi dokumentasi. Proses ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini (internet, CD program, dll). Khusus untuk studi penelitian tokoh, pengumpulan data bisa juga menggunakan teknik wawancara (kalau memungkinkan).
  • Penjelasan data yang akan dicari/diperoleh.
  • Fungsi atau manfaat data penelitian yang akan dicari itu untuk keperluan analisis.
Penjelasan ketiga komponen pengumpulan data ini sebaiknya secara naratif (tidak menggunakan poin-poin angka atau huruf supaya tidak nampak seperti outline

Teknik Analisis Data

Penjelasan pada bagian ini adalah jenis analisis data penelitian dan alasan penggunaannya. Data dokumentatif dalam penelitian kepustakaan ini berupa fakta yang dinyatakan dengan kalimat. Karena itu, pembahasan dan analisisnya mengutamakan penafsiran-penafsiran obyektif, yaitu berupa telaah mendalam atas suatu masalah. Data penelitian diuraikan dengan analisis isi (content analysis) , analisis deskriptif (descriptive analysis) inter-text analysis (analisis atau jenis analisis lain yang relevan dengan fokus penelitiannya. Khusus untuk kajian Al-Qur'an analisisnya bisa meminjam tafsir tahlili, tafsir ijmali, tafsir muqaran dan tafsir maudu'i. Analisis ini bisa disertai dengan tabel, bagan atau lainnya yang memperjelas pembahasan. Secara lebih khusus dan detail penjelasan tantang jenis dan cara menggunakan teknis analisis tersebut, mahasiswa harus merujuk pada buku metodolodi penelitian terkait sesuai jenis penelitiannya.
thumbnail Title : ISI METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KEPUSTAKAAN
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-10T13:48:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
2 Komentar untuk "ISI METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KEPUSTAKAAN"

kalau boleh tau, ini sumbernya dari mana ya? buku apa?

Buku pedoman penulisan skripsi mbak

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top