METODE PENELITIAN

Metode penelitian menjelaskan rencana dan prosedur pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan peneliti untuk memperoleh jawaban yang sesuai dengan permasalahan atau tujuan penelitian. Penjelasan tentang metode ini hanya bersifat global dan praktis sehingga menuntut dan mengharuskan mahasiswa untuk memahami buku metodologi penelitian secara lebih seksama dan mendetail. 

METODE PENELITIAN

Instrumen Penelitian

Instrumen penelitian sangat terkait dengan validitas data. Validitas data merupakan derajat ketepatan antara data lapangan dan data yang dilaporkan. Instrumen dalam metodologi penelitian kualitatif adalah peneliti itu sendiri. Peneliti sebagai instrumen memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Alat peka dan dapat bereaksi terhadap segala stimulus, bermakna atau tidak bagi penelitiannya.
  • Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat mengumpulkan aneka ragam data.
  • Tiap situasi adalah keseluruhan (test dan angket tak dapat menangkap keseluruhan situasi).
  • Dapat segera menganalisis data, menafsirkan, melahirkan hipotesis.

Teknik Pengumpulan Data

 Tujuan utama dalam suatu penelitian ialah mendapatkan data. Oleh sebab itu diperlukan teknik pengumpulan data. Pada prinsipnya, pengumpulan data dapat menurut hal-hal dibawah ini :
  • Setting : merupakan tempat pengumpulan data, bisa di kelas, masyarakat, lab, forum diskusi dan seminar, atau di jalan dan sebagainya.
  • Sumber : data dapat bersumber dari data primer, data skunder, data tersier.
  • Cara : Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, angket, dokumentasi, atau gabungan dan seterusnya.

Teknik Analisa Data

 Teknik analisis data merupakan proses mencari dan menyusun data yang dilakukan secara sistematis sehingga dapat dipahami dan bisa diinformasikan pada orang lain.

Analisis Data Model Spradly 

  • Analisis Domain : Peneliti melakukan observasi pada partisipan, mancatat observasi dan wawancara, dilajutkan dengan analisis domain untuk memperoleh gambaran umum dan menyeluruh dari obyek penelitian.
  • Analisis Taksonomi : Menjabarkan domain yang dipilih menjadi lebih rinci untuk mengetahui struktur internalnya dengan melakukan observasi terfokus.
  • Analisis Komponensial : Spesifikasi pada setiap struktur internalnya dengan mengontraskan antar elemen dengan observasi dan wawancara terseleksi.
  • Analisis Tema Kultural : Mencari hubungan di antara domain, dan bagaimana hubungan dengan keseluruhan dan dinyatakan dalam tema atau judul penelitian.
Setiap jenis penelitian memiliki perbedaan spesifik tentang karakteristik metodenya. Di bawah ini karakteristik metode penelitian berdasarkan jenisnya :
  1. Isi metode penelitian dalam Penelitian Kepustakaan.
  2. Isi metode penelitian dalam Penelitian Kualitatif Lapangan.
  3. Isi metode penelitian dalam Penelitian Kuantitatif.
  4. Isi metode penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas
  5. Isi metode penelitian dalam Penelitian dan Pengembangan (R&D)
thumbnail Title : METODE PENELITIAN
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-08T14:44:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
0 Komentar untuk "METODE PENELITIAN"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top