TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan penelitian mengetengahkan indikator-indikator akademik tentang sesuatu yang hendak dicapai atau ditemukan dalam penelitian. Tujuan ini harus sesuai dengan pertanyaan yang menjadi fokus penelitian atau rumusan masalah yang akan diteliti. Dalam menentukan tujuan penelitian, pilihlah tujuan yang sesuai dengan jenis dan karakteristik penelitian. Pilihlah arah rumusan tujuan sesuai model penelitiannya.


(1) Penelitian Kepustakaan. Tujuannya adalah : (a) memperolah pemahaman makna, atau (b) menemukan teori.


(2)  Penelitian Kualitatif Lapangan. Penelitian ini ditujukan untuk : (a) pola hubungan yang bersifat interaktif, (b) menggambarkan realitas yang kompleks.


(3)  Penelitian Kuantitatif. Tujuannya antara lain : (a) menunjukkan atau menentukan hubungan, pengaruh, atau perbandingan antar variabel, (b) menguji teori, (c) mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif.


(4) Penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuannya adalah untuk memecahkan permasalahan yang dialami guru dalam proses belajar mengajar melalui penerapan metode, strategi, atau model pembelajaran.


(5)  Penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D). Tujuannya adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan dan pembelajaran untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan dan pembelajaran secara efektif dan adaptable.
 
Isi dan jumlah tujuan penelitian selaras dan sesuai dengan jumlah pertanyaan dalam rumusan masalahnya (ungkapan/pertanyaan untuk syarat kelulusaan tidak boleh dikemukakan pada bagian ini karena hal itu bukan merupakan tujuan penelitian yang dimaksud pada bagian ini). Tujuan penelitian ini menjadi dasar dalam merumuskan mafaat atau kegunaan penelitian. 

Adapun manfaat/kegunaan penelitian menjelaskan arti penting penelitian bagi perkembangan pendidikan (jika fokusnya di dunia pendidikan) di masa depan. Manfaat yang perlu dijelaskan pada bagian ini meliputi : manfaat langsung maupun manfaat tidak langsung, baik yang bersifat teoritis (keilmuan) maupun praktis (aplikatif). Kegunaan penelitian ini harus sinkron dengan tujuan penelitian. Kegunaan atau signifikansi penelitian yang sudah pasti, seperti untuk menambah khasanah kepustakaan, tidak perlu dinyatakan pada bagian ini.  
thumbnail Title : TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-01T00:26:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
2 Komentar untuk "TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN"

tolong di jawab yaa: kalau misalnya kita mengambil penelitian terdahulu (khususnya kuantitatif), sudah tau dong hasilnya sangat signifikan atau adanya pengaruh, dan hubungan dari penelitian itu. nah kalau sudah tau itu hasilnya kenapa mesti kita teliti lagi? tolong dijawab ya. terimakasih sebelumnya

Kalau tujuannya untuk membuktikan teori yang sudah ada, tidak apa anda lakukan penelitian. Meskipun nanti tahu hasilnya signifikan, pasti ada perbedaan angkanya, karena objeknya berbeda, latarnya berbeda dan kompetensi peneliti juga beda.Tapi kalau anda bisa menemukan (metode,media) baru dan belum pernah ada sebelumnya yang melakukannya, maka lebih baik anda menggunakan metode&media yang baru tadi.

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top