Obyek dan Model Penelitian Skripsi

Obyek dan Model Penelitian Skripsi

Obyek penelitian skripsi bisa berupa :

a.  Penelitian Kepustakaan, yaitu penelitan yang menggunakan penelusuran bahan kepustakaan. Jenis penelitia ini menggunakan dokumen yang terarsipkan baik dalam bentuk buku atau yang sejenisnya.
b.  Penelitian Lapangan, sebagai kegiatan penelitian yang dilakukan di lokasi yang sebenarnya. Biasanya penelitian ini digunakan untuk melihat fenomena yang terjadi di lapangan.
c.   Penelitian Laboratorium, merupakan kegiatan penelitian yang menggunkan peralatan laboratorium. Penelitian ini biasanya menggunakan sampel untuk dilakukan pengujian.

Model Penelitian Skripsi :

a.  Penelitian Kepustakaan (Library Research) termasuk jenis penelitian kualitatif yang kajiannya menitikberatkan pada analisis atau interpretasi bahan tertulis berdasarkan konteksnya. Untuk memperoleh validitas yang tinggi, peneliti dokumen harus yakin bahwa naskah-naskah itu otentik. Penelitian jenis ini bisa juga untuk menggali pikiran seseorang yang tertuang di dalam buku atau naskah-naskah yang dipiblikaskan. Penelitian ini setidaknya meliputi: (i) Kitab Suci (Al-Qur’an atau al-Hadits); (ii) Buku Ilmiah, (iii) Pemikiran Tokoh Pendidikan, dan (iv) peraturan perundang-undangan. Dalam penjelasan penyusunan proposal maupun skripsi difokuskan pada jenis penelitian kepustakaan.
b. Penelitian Kualitatif merupakan kajian yang menitikberatkan pada analisis data/bahan penelitian yang bersifat kualitatif (berupa kualitas, nilai/mutu).  Penelitian ini bertolak dari pola pikir induktif tentang realitas yang holistik, komplek, dinamis dan penuh makna. Obyek penelitian ini bisa lapangan (Field Research) dan bisa juga kepustakaan (Library Research).
c.  Penelitian Kuantitatif merupakan kajian yang menekankan analisis data yang bersifat kuantitatif (berupa angka). Penelitian ini bertolak dari realitas tunggal sehingga permasalaha sudah jelas da teramati dan didasarkan pada pola pikir deduktif. Semua jenis penelitian ini dilaksanakan di lapangan.
d.  Penelitia Tindakan Kelas (PTK) merupakan kajian yang menitikberatkan pada aktivitas/tindakan untuk perbaikan proses kegiatan belajar mengajar. Permasalahan dalam PTK bersifat praktis dalam proses belajar mengajar, seperti : penerapan metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran, atau penerapan media pembelajaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari lapangan.
e.    Penelitian Pengembangan (Research and Development). Dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, penelitian ini ditujukan mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan dan pembelajaran yang efektif dan adaptable. Produk dari model penelitian ini diharapkan dapat dipakai untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu pendidikan dan pembelajaran.

Model-model penelitian tersebut memungkinkan difokuskan pada jenis penelitian sesuai data dan jenis penelitiannya seperti yang dibahas dalam kajian metodologi penelitian. Untuk menulis skripsi, mahasiswa harus mengajukan usulan judul skirpsi lebih dahalu. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca Usulan Judul Skripsi
thumbnail Title : Obyek dan Model Penelitian Skripsi
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-08-23T13:40:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
0 Komentar untuk "Obyek dan Model Penelitian Skripsi"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top