PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI


PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

Pedoman penulisan skiripsi yang akan saya sharing dalam artikel ini bersumber dari buku pedoman penulisan skripsi yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang yang terbit pada bulan Mei 2013. Pedoman ini ditulis ditujukan bagi mahasiswa Program Peningkatan Kualifikasi S1 Bagi Guru RA dan Madrasah baik yang Mengajar di  Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun di Madrasah Aliyah (MA) yang akan membuat skripsi mulai dari cara pengajuan judul sampai cara menyusun laporan skirpsi hingga selesai.

Meskipun pedoman ini berasal dari kampus Iain Walisongo Semarang namun bisa dijadikan bahan acuan atau referensi bagi teman-teman yang sedang mengambil mata kuliah karya tulis ilmiah ataupun sedang mengadakan peneletian, yang terkait dengan penulisan baik bentuknya PTK, LibraryResearch, Research and Development, Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif (dengan objek kepustakaan dan penelitian lapangan).
Sebelum membahas ke inti, akan saya bagikan dulu bagian pendahuluan yang membahas tentang pengertian skripsi, bidang dan jenis kajian skripsi, obyek dan model penelitian skripsi, usulan judul skripsi, persyaratan pengajuan usulan judul skripsi, isi usulan judul skripsi, prosedur pengajuan judul dan penulisan skripsi.

Pengertian Skripsi

Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri yang dilakukan secara sistematis dan metodelogis oleh mahasiswa dalam rangka menyelesaikan program studi sarjana (Strata satu / S1) yang menjadi sebagian persyaratan memperoleh gelar sarjana sesuai ketentuan yang beralaku. Semua mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Walisongo harus menulis skripsi sesuai bidang kajia jurusan dan program studinya dalam menempuh perkuliahan.
Model penyusunan proposal dan laporan penelitian banyak macam dan variasinya. Oleh karena itu, FITK IAIN Walisongo membuat pedoman penyususan proposal penelitian dan laporan penelitian berupa skripsi, supaya haslnya memiliki keseragaman dan hal ini juga menjadi ciri atau kekhususan skripsi dari FITK.

Sesuai dengan judulnya, Artikel Pedoman Penulisan Skripsi ini bukanlah sebuah kajian metodologis dalam merancang, melaksanakan, menuliskan proposal dan skripsi. Artikel ini hanya sebatas pedoman sehingga mahasiswa atau teman-teman dituntuk untuk lebih memahami metodologi penelitian di bidang kajian pendidikan yang terkait dengan tema skripsinya secara detail.

Saya sudah menyiapkan link di bawah ini , silahkan anda klik link tersebut untuk membaca artikel lebih detailnya.

-          Bidang dan Jenis Kajian Skripsi

-          Obyek dan Model Penelitian Skripsi

-          Usulan Judul Skripsi

-          Persyaratan Pengajuan Usulan Judul Skripsi

-          Isi Usulan Judul Skripsi

-          Prosedur Pengajuan Judul dan Penulisan Skripsi
thumbnail Title : PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-08-21T16:37:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
1 Komentar untuk "PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI"

Nice Info jangan Lupa Kunjungi Blog Kami http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.co.id/

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top