METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUANTITATIF

METODE PENELITIAN KUANTITATIF

Dalam penelitian kuantitatif, komponen metode yang harus dalam bagian ini adalah :

Jenis dan Pendekatan Penelitian

Pada bagian ini harus dijelaskan jenis penelitian yang didasarkan pada pertanyaan penelitian. Jenis penelitian kuantitatif bisa berupa deskriptif/asosiatif/komparatif. Alasan jenis penelitian ini juga harus dijelaskan berdasarkan rumusan masalahnya. Jenis penelitian inilah yang menentukan metode penelitian selanjutnya sehingga diperoleh data yang sesuai dengan tujuan penelitiannya.

Tempat dan Waktu Penelitian

Tempat penelitian harus disebutkan secara jelas disertai uraian tentang :
  • Profil singkat tempat penelitian.
  • Alasan pemilihan tempat penelitian  tersebut.
Waktu penelitian juga disebutkan jangka waktunya sampai dengan berapa lama (dalam hitungan bulan atau tahun). (Kalau bagian ini disertai jadwal kegiatan penelitian di lapangan supaya dibuat dalam lampiran di halaman belakang).

Populasi/Sampel Penelitian

Tegaskan sasaran/obyek penelitian itu berupa populasi atau sampel. Kalau obyeknya populasi, maka harus ditegaskan sasaran populasi yang dimaksud. Apabila sasarannya sampel, maka harus dijelaskan terlebih dahulu populasi yang menjadi dasar pengembangan sampel; setelah itu baru dijelaskan sampel yang menjadi obyek penelitiannya dan cara pengambilan sampel berdasarkan teori yang digunakan dan menentukan ukuran sampel. Selanjutnya tentukan dan jelaskan teknik pengambilan sampel dengan memilih di antara jenis berikut :

Probability Sampling, dengan pilihan :

  • Simple random sampling.
  • Proportionate stratified random sampling.
  • Disproportionate stratified random sampling.
  • Area (cluster) sampling.

Non Probability Sampling, dengan pilihan : 

  • Sample sitematis.
  • Sample kuota.
  • Sampel insidental.
  • Purposive sampling.
  • Sampel jenuh/populasi. 
Jelaskan alasan mengapa teknik pengambilan sampel tersebut dipilih dalam pelaksanaan penelitian.

Variabel dan Indikator Penelitian

 Variabel dan Indikator merupakan salah satu karakteristik penelitian kuantitatif. Deskripsi tentang variabel dan indikator variabel penelitian didasarkan pada dan rumusan hipotesisnya, baik dari segi jenis maupun jumlahnya. Variabel-variabel inilah yang akan diuji berdasarkan data yang dikumpulkan dari tempat penelitian. Adapun indikator dari masing-masing variabel ditentukan oleh aspek/hal yang ingin diteliti. Biasanya satu variabel terdiri dari 3-5 indikator. Dari indikator inilah yang harus dijabarkan dalam instrument penelitian menjadi beberapa pertanyaan sesuai teknik angket, jumlah pertanyaannya harus disesuaikan. Pertanyaan angket tersebut dijabarkan dari kisis-kisi : variabel, subvariabel, indikator, subindikator dan nomor instrumen. Dari jawaban atas pertanyaan inilah dapat diperoleh data penelitian.

Teknik Pengumpulan Data Penelitian

 Dalam mendeskripsikan proses pengumpulan data harus dijelaskan mengenai : (a) jenis data, (b) sumber data, (c) teknik pengumpulan data, dan (d) uji coba instrument.Keempat hal ini harus dijelaskan secara rinci dan detail. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif yang biasa digunakan antara lain :
  1. Tes. Dalam instrumen ini harus dijelaskan jenis tes, skala pengukuran, prosedur pengujian validitas dan reliabilitas tesnya.
  2. Angket. Penyusun angket/peneliti harus memperhatikan indikator yang dijabarkan menjadi kisi-kisi angket. Dari kisi-kisi itulah disusun butir-butir pernyataan.
  3. Wawancara Terstruktur. Hal-hal yang harus dijelaskan pada bagian ini adalah : "siapa" yang diwawancarai, "bagaimana" cara melakukan wawancara, dan "untuk apa" data hasil wawancara itu digunakan.
  4. Observasi Sistematis. Pada bagia ini harus dijelaskan "apa" yang akan diobservasi, "bagaimana" cara melakukan observasi, dan "untuk apa" data hasil observasi itu digunakan.
  5. Dokumentasi. Bagian ini harus menjelaskan: "apa"
    dokumen yang akan dikaji/dipelajari, "bagaimana" cara mempelajari/mengkaji dokumen, dan "untuk apa" data hasil kajian dokumen itu digunakan.
  6. Instrument Terstandar. Teknik ini diperoleh dengan meminjam ciptaan dari orang ahli. Dalam bagian ini harus dijelaskan "apa" yang akan diambil datanya, "bagaimana" cara mengambil data, dan "untuk apa" data tersebut digunakan. Dalam bagian ini juga perlu dijelaskan tahapan proses pengumpulan data penelitian itu dilakukan, tahap persiapan, dan pelaksanaan.

Teknik Analisis Data 

Data yang diperoleh untuk dipergunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif atau data kualitatif yang sudah dikuantifikasikan. Data itu pada umumnya dalam bentuk skala nominal, ordinal, interval, dan rasio. Teknik analisis data dilakukan setelah data dikumpulkan, bisa menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial.

Analisis statistik deskriptif digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap harga rata-rata hitung, standar deviasi, median dan modus dari setiap variabel penelitian. Hasil perhitungan tersebut kemudian dideskripsikan dalam distribusi frekuensi skor masing-masing variabel penelitian dan divisualisasikan dalam grafik, histogram, polygon, pie, dll.

Adapun analisis statistik inferensial/induktif/matematik digunakan untuk menyimpulkan populasi berdasarkan sampel digunakan untuk pengujian hipotesis dan kepentingan generalisasi penelitian, misalnya jika peneliti melakukan penelitian yang melibatkan tiga variabel. Pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan teknik analisis regresi dan teknik analisis korelasi sederhana sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga digunakan teknik analisis regresi ganda dan teknik analisis korelasi ganda. Analisis data ini tergantung hipotesis yang didasarkan pada jenis data dan jenis penelitian seperti tergambar dalam tabel berikut .
thumbnail Title : METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUANTITATIF
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-17T16:43:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
0 Komentar untuk "METODE PENELITIAN PADA PENELITIAN KUANTITATIF"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top