Rumusan Hipotesis Proposal Skripsi

Rumusan Hipotesis/Kerangka Berpikir

 
Hipotesis

Aspek penelitian ini dipergunakan berbeda-beda sesuai jenisnya.
  1. Penelitian kepustakaan "tidak memerlukan" kerangka berpikir maupun hipotesis karena tidak dimaksudkan untuk menguji teori maupun menemukan pola. Penelitian ini hanya mendeskripdikan data atau justru dimaksudkan untuk menemukan teori.
  2. Penelitian kualitatif lapangan dan pengembangan (R&D) memerlukan "kerangka berpikir", yaitu peta konsep hasil penelitian yang akan diharapkan berdasarkan kajian teori. Kerangka berpikir menjadi pijakan dalam mendeskripsikan data atau justru menemukan teori berdasarkan data lapangan.
  3. Penelitian kuantitatif memerlukan rumusan hipotesis karena biasanya bersifat analitis ditujukan untuk menguji/membuktikan teori. 
  4. Penelitian tindakan kelas (PTK) memerlukan rumusan hipotesis karena bersifat analitis yang ditujukan untuk menguji/membuktikan tindakan atau aktivitas pembelajaran yang diterapkan/dilakukan. Contoh : "Penerapan model pembelajaran melalui STAD dalam pembelajaran pokok bahasan Fatkhu Makkah dapat meningkatkan pemahaman siswa..."
kelas suksesdariyoutube.com

Jenis Hipotesis

Hipotesis dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
  • Hipotesis Penelitian digunakan dalam populasi tanpa sampel. Contoh : "Ada Hubungan Positif antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Fiqh Siswa..."
  • Hipotesis Statistik digunakan dalam penelitian sampel. Contoh : "Ada Hubungan Positif dan Signifikan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa....". (Hipotesis dalam penelitian sampel pernyataannya tidak hanya ada hubungan tapi harus ditegaskan ada/tidaknya signifikansi hubungan itu).

Penulisan Hipotesis

Hipotesis harus dinyatakan dengan :
  • Kalimat pernyataan, bukan kalimat pertanyaan, suruhan, saran atau harapan.
  • Tidak menggunakan kata/lafal "diduga".
  • Sudah mengarah pada kecenderungan rumusan masalah, seperti : adanya perbedaan, pengaruh atau hubungan antara variable terkait.
  • Jumlah hipotesis sama dengan jumlah rumusan masalah.
Itulah sedikit pembahasan mengenai rumusan hipotesis atau kerangka berpikir dalam menulis proposal skripsi. Pada subbab berikutnya akan dibahas tentang Metode Penelitian atau cara yang digunakan untuk meneliti yang bersifat praktis dan aplikatif.
thumbnail Title : Rumusan Hipotesis Proposal Skripsi
Posted by : Andri Stiawan
Published : 2014-09-07T08:42:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
0 Komentar untuk "Rumusan Hipotesis Proposal Skripsi"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top