Kajian Pustaka Dalam Menulis SKripsi

Kajian Pustaka Dalam Menulis SKripsi

Kajian Pustaka sering juga disebut dengan tinjauan pustaka. Semua jenis penelitian harus menjelaskan kajian pustaka ini. Pada bagian ini menjelaskan kajian yang relevan yang dilakukan selama mempersiapkan atau mengumpulkan referensi sehingga ditemukan topik sebagai problem (permasalahan) yang terpilih dan perlu untuk dikaji melalui penelitian skripsi. Kajian pustaka tidak hanya mendeskripsikan / mengulas / menganalisa hasil penelitian terdahulu yang relevan tapi juga mencakup buku, jurnal, atau artikel koran, laporan penelitian yang temanya relevan dengan pembahasan skripsi.

Pada kajian pustaka, mendeskripsikan hubungan antara masalah yang diteliti dengan sumber-sumber kepustakaan yang relevan dan benar-benar terfokus dengan tema yang dibahas sebagai dasar penelitian. Dari kajian pustaka ini dapat ditentukan posisi penelitian yang akan dilakukan, apakah hanya menguatkan, apakah menguji kembali, ataukah membantah hasil penelitian/teori yang sudah ada, atau memang betul-betul baru. Hasil tijauan pustaka inilah yang dijadikan dasar menentukan posisi penelitian sehingga berbeda dengan penelitian sebelumnya.

Di akhir bagian kajian pustaka ini harus diberikan kalimat penegas tentang kebaruan penelitian ini. Pada deskripsi kajian pustaka harus menuliskan nama penulis, judul tulisan dan isi pokok dinyatakan dalam teks utama. Isi pokok tersebut harus ditunjukan sumber rujukan secara lengkap dan detail dalam catatan kali atau footnote.

Setelah menguraikan isi kajian pustaka. Maka subbab selanjutnya adalah Kajian Teori. Seperti apakah isi dari subbab ini silahkan baca di Kajian Teori Proposal Skripsi
thumbnail Title : Kajian Pustaka Dalam Menulis SKripsi
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-04T14:49:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
0 Komentar untuk "Kajian Pustaka Dalam Menulis SKripsi"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top