Kajian Teori Proposal Skripsi

Kajian Teori Proposal Skripsi

Kajian teori dalam proposal penelitian merupakan miniatur dari landasan teori yang di uraikan dalam Bab II isi laporan peneletian atau skripsi. Karena itu, pemahaman tentang teori ini merupakan hal yang sangat penting dalam merancag sebuah penelitian. Teori dalam penelitian ini harus valid dan otentik sehingga tidak boleh hanya berdasarkan perkiraan atau asumsi. Teori ini menjadi pijakan utama dalam melaksanakan penelitian guna menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagaimana yang sudah dikemukakan dalam rumusan masalah penelitian.

Fungsi teori dalam penelitian itu berbeda-beda. Teori dalam penelitian kualitatif (kepustakaan dan lapangan) hanya berfungsi untuk mempertajam fokus penelitian sedangkan dalam penelitian kuantitatif, PTK, R&D, teori berfungsi sebagai pijakan atau dasar meneliti. Teori ini bisa berasal atau meminjam teori yang digunakan oleh seorang ahli / ilmuan dan bisa berupa teori ciptaan sendiri. Teori tersebut dikaji secara kronologis dari yang lama sampai dengan yang mutakhir sehingga bisa diketahui keunggulan teori yang dipilih. Teori apapun yang digunakan harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan merujuk berbagai macam kamus, ensiklopedia, buku referensi utama dan sesuai dengan fokus kajian yang menyebutkan sumbernya dalam footnote.

Pada bagian ini harus dijelaskan teori (konsep, dasar atau kaidah teoritis) yang relevan dengan masalah yang diteliti. Teori yang dijadikan dasar penelitian ini bisa lebih dari satu teori yang berupa data primer dan data sekunder. Teori tersebut tidak boleh kontradiktif satu sama lain. Teori ini harus didukung dengan prinsip dan ilmu bantu yang menjadi pendekatan penelitian yang terkait.
Kajian teori ini tidak cukup hanya menjelaskan makna kata. Penjelasannya harus fokus pada kajian dan tidak terpisah atau terpotong antara deskripsi teori. Semua penjelasan tentang kajian atau landasan teori harus sistematis yang menggambarkan sebuah konsep tentang teori yang akan dijadikan dasar meneliti sehingga fokus penelitian bisa dirumuskan. Atas dasar itulah, sumber data, teknik pengumpulan, pengolahan, dan analisis data bisa dirancang. Teori ini juga menjadi dasar perumusan kerangka berfikir atau rumusan hipotesis.
thumbnail Title : Kajian Teori Proposal Skripsi
Posted by : andri stiawan
Published : 2014-09-05T21:56:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews
Tag : SKRIPSI
2 Komentar untuk "Kajian Teori Proposal Skripsi"

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Back To Top